Cerpen,

Sekarang, saya adalah pekerja!

2/03/2019 09:46:00 PM welcome 0 Comments



              Sepertinya sesuatu kebingungan pada saat selesai mengakhiri masa studi di bangku kuliah, what next ? pertanyaan seperti itu sering terngiang-ngiang di pikiran, walaupun tidak sering. Setelah sidang skripsi adalah moment dimana gw sudah legaaa terhadap semua perkuliahan pada masa itu, alhamdulilah proses skripsi gw dari mulai dari perancangan dan penulisan konsul sama dosen pembimbing berjalan dengan lancar. Dan gw juga bersukur dapet dosen yang baik, OK sidang sudah, tinggal nunggu wisuda, lumayan lama 1  bulan lebih mmhh, gw selalu memikirkan kemana gw setelah ini, akhirnya waktu nunggu wisuda gw digunakan untuk main-main aja sih hehe toh gw mau ngelamar kerjaan juga belom ada ijazah dll hulf,
                Waktu wisuda akhirnya dateng, dan moment ini yang gw tunggu dari hasil studi gw selama 4 tahun, ya alhamdulilah semua keluarga gw dateng pada wisuda tanpa terkecuali orang tersayang gw sendiri hehe, besyukur rasanya gw udah bisa menyelesaikan tanggung jawab gw dengan tepat waktu.
                What next ? kuliah udah. gelar udah ada tinggal nyari kerjaan aja nih, sepertinya kata-kata seperti itu sering banget menjadi tujuan dari setiap orang yang sudah lulus dalam studinya, TAPI, nyari kerja ga gampang sob, semua tergantung rezeki lu juga sih hehe, menurut gw nyari kerja itu sama aja kaya lu nyari jodoh, oke lu dapet perusahaan yang keren dan di pandang bagus sama semua orang, tapi gimana dengan posisi lu di perusahaan itu nyaman ga kerja disana atau lingkungan kerjanya cocok ga dll, emg sih, setiap kerjaan pasti punya tantangannya dan problem yang berbeda-beda dan lu sebagai pekerja wajib mencari solusi dari setiap permasalahan yang ada di kerjaan lu itu. tapi menurut gw semua permasalahan pekerjaan akan nyaman kita selesaikan ketika lo berada pada bidang yang lu cintai.
                Setelah lulus kuliah aktifitas mencari kerja selalu gw lakukan setiap hari, semua sumber gw kumpulin, semua social media isinya lowongan kerja semua, rajin dateng ke acara pencarian kerjapun gw dategin agar cepat mendapatkan pekerjaan. Sampai suatu ketika, gw apply lamaran pekerjaan jobfair yang ada di smesco, aktifitas mencari pekerjaan ini lumayan makan duit banyak cz pada jaman gw tahun 2016 tiap gw masuk ke sebuah festival kerja selalu bayar sedangkan pemasukan kagak ada T.T , tapi sekarang infonya sih ikut jobfair gratis. Gw ke jobfair sama kawan-kawan sepengangguran juga hahha. Ketika gw sudah mulai putus asa buat apply lamaran di jobfair, gw nemu booth perusahaan telekomunikasi yang menurut gw sudah memiliki sebuah nama besar posisi booth tersebut di pojok, gw lihat posisi yang lagi open banyak juga. gw taro aja cv buat posisi technical support gw pede banget sama posisi ini karna gw nguasain banget benerin kerusakan komputer ya paling cuma nge restart komputer install ulang aplikasi atau OS dan dan aktivitas pekerjaan yang lain yang ga mikir tenaga dan pikiran HaHa, Sudahlah gw pulang dari jobfair gw langsung jalan deh sama si Nyonya.       
                                                                       “Bulan Desember Kemudian”
            Klo ga salah gw naro cv itu bulan oktober gw agak lupa juga. Oke bulan ini adalah bulan dimana gw mulai dipanggil kerjaan di perusahaan telekomunikasi yang gw lamar bulan lalu. Mereka menghubungi gw melalui telpon, yang nelpon suaranya perempuan, infonya gw disuruh dateng aja buat test, Okelah gw dateng karena gw merasa menaro CV disitu kan hehe.
          Gw Bersama orang-orang pencari kerja, gw gatau jumlahnya berapa kira-kira adalah 20 mungkin atau kurang, disini kita semua disuruh mengikuti psikotest dll. Selesai dari psikotest kita semua langsung melakukan interview user, ohya gw Bersama temen kuliah gw yang tak gw sangka dia lolos administrasi juga, gw merasa bisa menjawab soal psikotest dan soal berhubungan dengan komputer jaringan. Semoga gw bisa menjawab pertanyaan dari user.   
            I got job in biz***  sejak teritung 3 bulan gw luntang lantung di rumah sambil jadi buruh beres-beres rumah akhirnya gw dapet kerjaan juga, gw ga nyangka dengan perusahaan yg gw dapet, apalagi pas gw TTD kontrak wih alhamdulilah feenya menurut gw gede untuk se ukuran fresh Grad.
    Gw inget banget ketika gw ngelamar kerjaan posisi gw sebagai Technical Support, yang ada di bayangan gw, job desc gw handle jaringan komputer internal kantor apalagi pas gw psikotes juga soalnya lebih ngebahas jarkomlan, okelahsip gw yakin bener gw bisa nanganin ini, psikotest udh, gw nunggu interview, ketika di interview gw nemu, pertanyaan” yang bener ga sesuai sama soal ketika psikotest, macem” pertanyaanya, karena gw juga kebelet pengen kerja yasudah gw jawab aja semua SIAP ketika interview menanyakan ke gw dan alhamdulilah gw lolos.
            Hari Pertama kerja, sebelum hari pertama kerja gw sudah di training sih 1 minggu, nama trainingnya introduction, isi materinya lebih ngenalin tetang perusahaan, Menurut gw sebagai karyawan wajib tahu sih. gw langsung diantar sama HRD untuk dikasih ke user gw, ketika gw ngobrol dikit sama user, gw langsung ikut tendem aja sama team yang pgn jalan, gw pikir ko jalan ? ko keluar?
          Kerjaan gw diluar expetasi gw sama sekali, technical support buat jaringan fiber optik khususnya jaringan lapangan. Kerjaan gw yang suka bawa mobil besar dengan isinya peralatan dan tangga di atasnya. Pada saat melakukan pekerjaan tersebut gw jujur aja kepada orang yang pertama kali ngajak gw keluar klo gw gabisa untuk manjat tiang tersebut, gelantungan di tiang dan apa yang mereka perbaiki gw juga tidak begitu paham, semua yang gw lakukan pada hari pertama kerja bener-bener diluar ekspetasi gw.
            Setibanya dari visit lapangan gw bertanya pada manager divisi yang mengarahkan untuk ikut team tadi keluar.
“Pak Tom, untuk posisi yang saya apply memangnya pekerjaanya seperti ini ya ?”  gw nanya sama orang yang gabisa dibilang pak juga tapi jika dilihat wajahnya sudah tidak muda lagi.
“Memangnya kamu melamar posisi apa?” jawab pak tom
“Saya melamar untuk posisi Technical Support pak” ucap gw
“Ya bener kita kan divisi technical supoort di perusahaan ini” dengan muka bingung gw bertaya
“technical suport apa?”
“technical suport untuk jaringan fiber optik” wleeehhhhhh firasat gw ketika interview menjadi kenyataan, pantes aja pertanyaanya aneh-aneh.
“oh gitu pak” gw berkata
“memangnya kenapa? Km malu ya kerja kaya gini”
“Ngak malu pak, Cuma saya bingung aja, ini kan pengalaman kerja pertama saya mungkin butuh adaptasi.”
“Yaudah adaptasi cepet cepet dah, semoga betah ya kita disini kekeluargaan ko.”
Denger kan penjelasan dari Manager gw  diatas ↑ .
                                                                           *6 bulan Kemudian*
           6 bulan gw kerja disini, gw sudah mulai bisa beradaptasi, pekerjaan pada bulan pertama terasa asingnya, namun setelah di jalanin dengan ikhlas asik juga, pekerjaan ini kaya maen, ga bnyak mikir haha, temen kerja disini juga asik pada welcome sama gw, gw emg suka dengan aktifitas fisik jadi buat pekerjaan yang membutuhkan aktifitas fisik kaya gini ga masalahlah, lagi pula posisi gw juga udh jadi orang kantor ga ke lapangan lagi hehe. Jadi gw Cuma butuh bersyukur dan ikhlas untuk merubah kekecewaan menjadi kebahagian hehehe. Terimakasih kawan untuk merubah ini semua.

You Might Also Like

0 komentar: